News &
Updates

News Image

Share

Aksi Peduli di Bulan Ramadhan
4 April 2024

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmarian, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu dirayakan oleh umat Muslim setiap tahunnya. Salah satu kegiatan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Ramadhan adalah berbagi takjil. Berbagi takjil bukan sekadar memberi makanan maupun minuman kepada mereka yang berpuasa, melainkan sebuah perwujudan kebersamaan, empati, dan kasih sayang sesama manusia yang dilakukan dengan penuh cinta dan semangat pelayanan.

Nah, belum lama ini, OSIS SMA Santa Maria Surabaya mengadakan kegiatan “Kindness in Ramadhan” Rabu, 27 Maret 2024. Dalam kegiatan ini, OSIS Divisi Kerohanian berkolaborasi dengan Divisi Hubungan Sosial berbagi takjil berupa roti dan minuman yang dikemas dalam paper bag dan  dibagikan di lokasi sekitar SMA Santa Maria Surabaya, seperti di Jl. Raya Darmo, Jl. Dinoyo, dan Taman Bungkul.

 

Dampak positif yang dapat dirasakan dari berlangsungnya kegiatan berbagi takjil ini adalah terciptanya kesatuan dan kedamaian di tengah masyarakat yang membuat kita merasakan adanya cinta dan belas kasih serta semangat persatuan. Semangat saling membantu dan berbagi di bulan yang penuh berkah ini mengajarkan nilai-nilai kebersamaan di tengah masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata toleransi dan kerukunan antarumat beragama karena menunjukkan bahwa perbedaan tidak menghalangi kita untuk berbuat kebaikan untuk saling peduli dan berbagi.

Kegiatan berbagi takjil ini bukan sekadar aksi sosial semata, tetapi juga sebagai perwujudan nilai-nilai Serviam, yaitu cinta dan belas kasih, semangat persatuan, serta semangat pelayanan. Melalui berbagi takjil kita dapat menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap sesama. Semoga kegiatan “Kindness in Ramadhan” ini, menjadi semangat berbagi dan menjadi inspirasi yang tiada henti.

 

(Penulis : Michelle Davine Guyanto, pengurus OSIS SMA Santa Maria Surabaya)