News &
Updates

News Image

Share

Gempita Nusantara: Meriahkan HUT RI ke-79
31 Agustus 2024

Surabaya, Kampus Ursulin. Sanmarian, suasana kemeriahan dan semangat nasionalisme begitu terasa di SMA Santa Maria Surabaya pada tanggal 12 dan 14 Agustus 2024 yang lalu. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, seluruh siswa-siswi SMA Santa Maria turut berpartisipasi dalam berbagai lomba yang digelar dengan tajuk “Gempita Nusantara”.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menyajikan beragam lomba tradisional hingga modern. Pada tanggal 12 Agustus 2024, terdapat beraneka macam lomba yang dilombakan di Lapangan Tumapel. Mulai dari lomba tradisional, seperti tarik tambang, balap karung estafet, lomba kelereng, lomba bakiak, lomba memasukkan pensil dalam botol, dan lomba makan kerupuk mesra. Terdapat berbagai modifikasi di beberapa lomba yang dilombakan, sehingga menambah antusiasme dari siswa. Kegiatan Gempita Nusantara hari pertama ini juga dilengkapi dengan bazar yang diikuti oleh seluruh angkatan. Terdapat 4 stand bazar, yaitu stand bazar kelas 10, stand bazar kelas 11, stand bazar kelas 12, serta stand bazar OSIS. Stand bazar dari ketiga angkatan menyajikan aneka makanan, dan juga jajanan yang menarik.

Kegiatan Gempita Nusantara berlanjut di tanggal 14 Agustus 2024, yang diadakan di lingkungan SMA Santa Maria Surabaya. Lomba yang dilombakan pada hari kedua, antara lain Lomba Stand Up Comedy yang bertema “Makna Kemerdekaan”. Lomba Stand Up Comedy juga diselingi dengan beberapa penampilan baik dari guru maupun siswa. Terdapat juga Lomba Menghias Kelas dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Setiap kelas bebas secara kreatif menghias mading dan juga isi kelas dengan nuansa kemerdekaan. Lomba Menghias Kelas ini juga didokumentasikan menjadi konten kelas yang dilombakan pula sebagai Lomba Konten. Dengan adanya kegiatan “Gempita Nusantara” ini, diharapkan semangat nasionalisme siswa-siswi SMA Santa Maria Surabaya semakin berkobar. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar siswa dan juga guru.

Penulis: Veronica Yemima, Wakil Ketua OSIS