News &
Updates

News Image

Share

Jejak Perjalanan Dua Generasi SMDC
15 April 2024

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmarian, Modern Dance adalah sebuah bentuk seni yang mempertunjukan tidak hanya tarian, tetapi juga ekspresikan emosi atau ide seseorang melalui gerakan yang lebih bebas, non-tradisional, dan adanya penekanan pada ekspresi individu. 

SMA Santa Maria sendiri memiliki fasilitas ekstrakurikuler Modern Dance. Salah satu hal yang menarik adalah tim dance inti yang dikenal dengan sebutan SMDC, yang merupakan singkatan dari Santa Maria Dance Crew. SMDC ini terbentuk pada tahun 2022, dimana terbentuknya tim ini seringkali dipicu oleh siswa-siswa yang memiliki minat Modern Dance di SMA Santa Maria. Kesuksesan SMDC generasi pertamalah yang menjadi alasan untuk meneruskan ke generasi selanjutnya. Dengan bantuan dari angkatan sebelumnya, pada awal tahun 2023, SMDC 2 meneruskan nama tim dengan semangat dan kegigihan dalam mengikuti berbagai banyak lomba.

Seiring berjalannya waktu, SMDC mulai mengikuti berbagai kompetisi dance yang diselenggarakan oleh pihak luar sekolah. Untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada hingga mencapai tujuan membutuhkan usaha yang besar dan rasa pantang menyerah. Selama perjalanan mengikuti kompetisi dance tersebut juga tidak selalu mulus. Banyak kegagalan yang dijadikan sebagai pelajaran dan motivasi untuk terus berkembang. Latihan demi latihan dilewati, SMDC mulai mencetak prestasi dan berbagai pengalaman. Tak hanya kompetisi biasa, SMDC 2 juga pernah mengikuti DBL Dance Competition, di mana mengeluarkan biaya dan energi yang tidak sedikit. Kerja keras terbayarkan dengan posisi SMA Santa Maria menduduki Top 10 East Java Series.

Tak berhenti di situ, SMDC juga sempat membuka kesempatan audisi kepada teman-teman Sanmarian untuk menjadi anggota inti SMDC generasi yang ketiga yang terdiri dari 9 siswa. Walaupun SMDC 3 baru saja dibuat, sudah terlihat adanya semangat belajar dan hubungan yang erat. Keberanian untuk mau saling mengevaluasi dan belajar dari kesalahan adalah kunci dari eratnya satu tim mereka. 

Hingga pada saat SMDC 3 mengikuti lomba Spartan XIII Competition yang diadakan UBAYA, SMDC berhasil meraih juara kedua dan membawa pulang piala. “Puji Tuhan, semakin berprestasi untuk selanjutnya”, ucap Bu Eva sebagai Guru Pembimbing Ekstrakurikuler Modern Dance. Prestasi ini menjadi bukti nyata bahwa SMDC telah menjadi suatu tim yang saling berusaha untuk menampilkan yang terbaik bagi tim mereka. Tentunya ini merupakan tanda awal perjalanan yang baik untuk SMDC kedepannya. 

(Penulis: Rosa Rena Darma, Siswi kelas XI-3 SMA Santa Maria Surabaya)