News &
Updates

News Image

Share

Keseruan Mengikuti Ekstrakurikuler Basket
7 Mei 2024

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmarian, SMA Santa Maria Surabaya memiliki berbagai macam ekstrakurikuler salah satunya adalah ekstrakurikuler basket. Ketertarikan saya dengan ekstrakurikuler tersebut bermula dari awal masuk sekolah atau biasa disebut dengan MPLS. Ekstrakurikuler basket merupakan ekstrakurikuler yang mengeluarkan banyak energi yang cukup kuat namun pada saat MPLS, sekolah mengenalkan dan memberikan sedikit pertunjukkan mengenai demo ekstrakurikuler yang ada di SMA Santa Maria Surabaya, dari situlah saya mulai penasaran dengan cabang olahraga bola besar yaitu bola basket. Sebelum saya bergabung ke dalam ekstrakurikuler basket, saya harus menentukan dua pilihan ekstrakurikuler yang akan saya ambil. 

Dari kedua pilihan ekstra tersebut pada akhirnya saya harus mengikuti tahapan seleksi ekstrakurikuler basket untuk melihat apakah saya memiliki potensi di dalam olahraga tersebut. Ketika hari H saya melakukan seleksi, saya bertemu dengan teman-teman berbagai kelas bahkan angkatan yang berbeda. Tahapan seleksi yang saya ikuti seperti latihan fisik hingga bagaimana saya melakukan dribble dan shooting. Dengan diadakannya tahapan seleksi, para peserta didik mengetahui bakat atau hobi yang dapat dikembangkan di SMA Santa Maria. Selang beberapa minggu saya mendapatkan hasil tes bahwa saya lulus dan dapat bergabung di ekstrakurikuler basket. Hari pertama saya bergabung, saya memulainya dengan latihan fisik yaitu pemanasan, jogging memutari lapangan dan mempelajari teknis dasar dalam permainan bola basket. 

Seiring berjalannya waktu banyak sekali teknis dan pelajaran baru yang saya dapatkan seperti bagaimana caranya melakukan passing, shooting, lay up yang benar hingga menghadapi lawan main. Ekstrakurikuler tersebut tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga merupakan lingkungan ekstrakurikuler yang saling mendukung satu sama lain serta pendamping olahraga dan coach yang selalu memberikan dorongan untuk dijadikan sebagai motivasi atau semangat. 

Keseruan yang ada dalam ekstra tersebut di mana sebelum mengakhiri ekstrakurikuler kami harus melakukan match atau game sebagai bentuk latihan jika menghadapi serangan dan ada saatnya jika salah satu tim lebih dulu memasukkan bola sebanyak 30 kali, tim yang hanya memasukkan bola di bawah 30 kali akan diberikan konsekuensi. Bergabung ke dalam ekstrakurikuler basket banyak sekali pengalaman yang diberikan serta dapat menjadi tempat untuk melatih mengontrol emosi pada saat bermain di lapangan. 

Penulis : Maria Agata Evangelina, Peserta Didik kelas X-3 SMA Santa Maria Surabaya