News &
Updates

News Image

Share

Mengenal Bulan Maria Melalui Spirit Serviam
6 Mei 2024

Surabaya, Kampus Ursulin – Sanmarian, bulan Maria dirayakan setiap bulan Mei merupakan momen yang sangat istimewa untuk mengenang dan menghormati Bunda Maria, ibu Yesus Kristus. Dalam bulan ini, umat Katolik di seluruh dunia berkumpul untuk berdoa, berziarah, dan merenungkan kehidupan serta peran penting Bunda Maria dalam rencana keselamatan Allah.  Pada tahun ini keuskupan Surabaya mengangkat tema tentang sifat-sifat Gereja yaitu “Bunda Maria, Bunda Gereja yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. Selaras dengan tema tersebut, karakter ataupun sifat bunda Maria relevan dengan spirit SMA Santa Maria Surabaya, yaitu nilai SERVIAM: cinta dan belas kasih, integritas, semangat pelayanan, ketangguhan, kesungguhan dan persatuan.

Bunda Maria adalah figur penting bagi iman umat Katolik karena sangat berhubungan erat dengan Yesus Kristus, sang Juruselamat. Bunda Maria, simbol cinta dan belas kasih dalam Gereja Katolik, melahirkan Yesus. Melalui cintanya kita dikenalkan kasih tanpa syarat dan empati kepada sesama manusia. Bunda Maria menunjukkan integritas melalui kesetiaannya pada rencana Allah, menerima tugas sebagai ibu Yesus Kristus dengan penuh keyakinan, inspirasi bagi umat untuk hidup jujur. Maria menunjukkan semangat pelayanan dengan membantu Elizabeth yang sedang hamil. Sikap ini menginspirasi umat Katolik untuk melayani sesama tanpa pamrih. Bunda Maria menunjukkan ketangguhan luar biasa saat menyaksikan penderitaan Yesus di salib, memberikan contoh kekuatan dan iman bagi umat yang menghadapi cobaan hidup. Bunda Maria menjadi teladan bagi umat Katolik karena kesungguhannya mengikuti jalan Allah, menerima tugas dengan komitmen penuh, dan mendampingi Yesus sepanjang hidupnya. Bunda Maria adalah simbol persatuan dalam Gereja Katolik. Ia menyatukan umat melalui doa Rosario dan ziarah ke tempat-tempat suci. 

Bulan Maria adalah waktu yang tepat bagi umat Katolik untuk merenungkan dan menghayati nilai-nilai yang diajarkan oleh Bunda Maria. Melalui doa Rosario dan Novena, umat dapat memperdalam hubungan mereka dengan Maria dan pada akhirnya, dengan Yesus Kristus. Tempat-tempat ziarah yang didedikasikan untuk Bunda Maria menjadi saksi dari pengaruh dan inspirasi yang diberikannya kepada umat beriman. Pada saat Bulan Maria, keluarga besar SMA Santa Maria Surabaya akan berdoa Rosario secara bergiliran ataupun bersama. Berdoa Rosario bergilir akan dilaksanakan setiap Senin, Selasa, Rabu dan Kamis saat jam wali kelas yaitu pukul 06.45 WIB, sedangkan doa Rosario bersama akan dipandu melalui central pada Jumat saat jam pembinaan wali kelas. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi mengenangkan dan menghormati sang bunda di bulan Maria. 

(Penulis : Anastasya Simamora, Guru SMA Santa Maria Surabaya)