News &
Updates

News Image

Share

Rapat Kerja Sambil Jalan-jalan? Tentu Bisa!
20 Juni 2024

Surabaya, Kampus Ursulin - Sanmarian, ada warna baru dalam rapat kerja awal yang dilakukan oleh unit SMA Santa Maria Surabaya pada Selasa, 18 Juni 2024. Rapat kerja tahun ini sungguh berbeda dari rapat kerja yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya karena dikemas secara unik dan menarik. Acara yang diikuti oleh seluruh Guru SMA Santa Maria Surabaya ini dilaksanakan  di Kebun Binatang Surabaya. Rapat kerja kali ini mengambil tema “Menjadi Guru Bahagia” karena dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik, seorang guru harus bahagia dan mempunyai kesehatan mental yang baik. Bu Valentine Luky sebagai salah satu panitia menjelaskan bahwa dengan kesehatan mental yang baik, guru akan memberi pengaruh yang baik pula kepada para siswa.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 8.00 hingga pukul 14.00 ini dibagi menjadi empat pos dan empat sesi yang harus dilalui oleh setiap peserta. Sesi yang pertama adalah Sesi filosofi pendidikan Santa Angela dan Ki Hajar Dewantara. Di sesi ini peserta diminta untuk mendiskusikan filosofi pendidikan Santa Angela disejajarkan dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Sesi kedua diisi dengan mendiskusikan profil lulusan Ursulin dan profil Pendidik Ursulin. Kegiatan sesi ketiga diisi dengan menganalisis kasus dan menemukan diferensiasi pembelajaran yang ada di dalam kasus tersebut. Sesi yang terakhir adalah pembuatan komitmen kelompok dan komitmen pribadi.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan cukup meninggalkan kesan yang mendalam bagi para guru, karena pada akhir acara peserta diberikan sebuah sertifikat yang berisikan tugas apa saja yang akan diemban selama satu tahun mendatang. “Acara ini sangat berkesan bagi kami karena konsepnya baru, menarik dan menyegarkan jiwa dan raga kami”, kata Pak Adrianus Beda. Tentu saja acara ini menyehatkan karena jika pada rapat kerja sebelum-sebelumnya para guru hanya duduk sepanjang acara, kali ini para guru harus berjalan sambil refreshing melihat hewan-hewan yang ada di kebun binatang.

Setelah mengikuti acara ini para Guru diharapkan mempunyai persepsi yang sama tentang bagaimana langkah ke depan akan dijalankan. Guru juga bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk menjadi guru yang lebih kreatif. Yang paling utama adalah para guru dapat lebih bahagia dan mengerjakan tugasnya dengan penuh dedikasi dan semangat. Ketika Guru bahagia maka Siswa pun juga akan Bahagia. 

 

(Penulis: Leo Agung Bayu Wijanarka, S.Pd., guru SMA Santa Maria Surabaya)