News &
Updates

News Image

Share

SANVIS : Sarana Pengembangan Minat Bakat Siswa SMA Santa Maria
20 Juni 2024

Surabaya, Kampus Ursulin - Sanmarian, SMA Santa Maria Surabaya memiliki berbagai macam komunitas yang dapat mengembangkan minat dan bakat bagi siswa-siswinya. Salah satu komunitas yang ada di SMA Santa Maria Surabaya, adalah komunitas Sanmar Visual, atau yang lebih dikenal sebagai Sanvis. Komunitas Sanvis, adalah komunitas yang menjadi wadah bagi siswa-siswi SMA Santa Maria Surabaya untuk mengekspresikan kreativitas mereka sekaligus mempelajari teknik-teknik baru dalam dunia fotografi ataupun seni visual.

 

Sanmar Visual atau Sanvis memiliki berbagai macam divisi yang dapat disesuaikan dengan minat dan bakat siswa yang mendaftar. Contohnya seperti divisi Fotografi, di mana anggotanya belajar mengenai teknik-teknik lanjutan dalam hal fotografi, seperti pencahayaan dan penggunaan kamera. Mereka juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan mereka melalui penugasan pemotretan di berbagai acara yang diadakan SMA Santa Maria Surabaya.

Lalu, ada juga divisi Videografi yang bertugas untuk mempelajari bagaimana merencanakan, merekam, dan mengedit video. Anggota divisi Videografi bertugas untuk membuat video dokumentasi acara/event sekolah, film pendek, atau proyek kreatif lainnya. 

Selanjutnya ada Divisi Desain Grafis, yang berfokus untuk membuat karya visual yang menarik. Anggota divisi ini belajar tentang prinsip-prinsip desain, penggunaan perangkat lunak desain grafis, dan teknik kreatif lainnya. Divisi Desain Grafis memiliki tugas seperti pembuatan poster, brosur, dan materi promosi untuk acara SMA Santa Maria Surabaya.

Keberadaan komunitas Sanvis juga memberikan banyak dampak positif bagi para anggotanya. Selain peningkatan keterampilan teknis dalam bidang fotografi dan desain visual, komunitas Sanvis juga dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan siswa-siswi untuk bekerja dalam tim, bersosialisasi dan membangun jaringan antar-anggotanya.

Untuk memastikan semua konten yang dibuat dapat dilihat oleh seluruh siswa, divisi Admin Sosial Media bertanggung jawab dalam mengelola akun media sosial instagram komunitas Sanvis. Mereka bertugas untuk memposting karya-karya yang sudah dibuat oleh setiap divisi dan memberikan informasi terbaru tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan komunita Sanvis.

Komunitas Sanvis juga menjadi bukti nyata bahwa SMA Santa Maria Surabaya tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk belajar ilmu pengetahuan, tetapi juga tempat untuk mengembangkan minat dan bakat siswa-siswinya, khususnya dalam bidang fotografi dan komunikasi visual. Melalui kegiatan-kegiatannya, Sanvis akan terus berupaya agar dapat menginspirasi dan membekali para anggotanya dalam mengembangkan minat dan kemampuan yang mereka miliki.

 

(Kontributor : Christella Octavia Hermanto siswa kelas XI 5)